4 Hal tentang Anxiety pada Anjing yang Perlu Kamu Tahu

4 Hal tentang Anxiety pada Anjing yang Perlu Kamu Tahu

Posted on 23:49 - 11 Apr 2019
Cornila Desyana Cornila Desyana Penulis dan Penyuka Binatang

paw friends memelihara anjing di rumah? Pernahkah melihat anjing mengalami tanda-tanda kecemasan, misalnya saat anjing tiba-tiba meraung, merengek, menggonggong tanpa henti, atau melakukan hal lain yang tak biasa? Kecemasan atau anxiety memang bukan tak mungkin dialami anjing paw friends.

Apa itu anxiety dan bagaimana menanganinya? Yuk, kita bahas lebih detail.

Apa penyebab kecemasan pada anjing?

Berdasarkan pengalaman sejumlah dog parents dan menurut Merck Veterinary Manual, ada beberapa penyebab anjing mengalami kecemasan. Di antaranya:

  1. Takut
    Kadang anjing mengalami kecemasan karena takut suara keras, kedatangan orang atau hewan asing, adanya rangsangan visual yang menurut mereka aneh seperti patung dan topi. Perjalanan dengan mobil dan kunjungan ke dokter hewan juga bisa membuat anjing cemas, hingga membuat mereka meraung dan ingin kembali ke rumah.

  2. Pemisahan
    Sebagian anjing akan merengek dan berputar-putar ruangan saat pemiliknya akan pergi. Kondisi seperti ini yang disebut anxiety karena pemisahan. Dalam artian, anjing merasa tidak nyaman dan aman jauh dari pemiliknya, karena ia merasa ditinggalkan.
  3. Penuaan
    Anjing yang sudah tua bisa jadi mengalami sindrom disfungsi kognitif atau cognitive dysfunction syndrome (CDS). Anjing dengan CDS akan mengalami penurunan ingatan, kesadaran, persepsinya. Bisa jadi, anjing juga lupa akan pelajarannya selama ini. Kondisi ini ibarat tahapan awal penyakit Alzheimer’s pada manusia, dan bisa menyebabkan kecemasan pada anjing.
Anjing tua bisa terserang anxiety.
Anjing tua bisa terserang anxiety. Sumber foto: Lisa Fotois/ pexels.com

Anxiety juga bisa terjadi bila anjing pindah tempat tinggal, seperti dari tempat penampungan atau shelter ke rumah baru; ditinggal sendirian di tempat yang baru ia tinggali; berganti pemilik atau kehilangan pemilik; maupun terjadi perubahan rutinitas di dalam keluarga.

Selain itu, anjing yang pernah mengalami hal buruk dan menderita trauma bisa pula dilanda kecemasan. Misalnya saja yang terjadi pada Kiko, anjing Golden Retriever yang pernah menghilang selama tiga tahun.

Gejala Kecemasan atau Anxiety

Sebetulnya, bagaimana seekor anjing dikatakan mengalami kecemasan atau anxiety? Ada beberapa gejala untuk mengetahuinya:

  • Menggonggong terus-menerus
    Ketika paw friends baru 10 detik menutup pintu rumah dan hendak pergi beraktivitas, namun sudah terdengar suara gonggongan anjing, itu bisa menjadi tanda anxiety padanya. Biasanya, ini terjadi bila anjing memiliki ikatan berlebihan pada pemiliknya. Selain menyalak, mereka juga kerap mondar-mandir, berputar-putar tanpa henti, diikuti dengan perubahan pola tidur.

  • Buang air sembarangan
    Umumnya, anjing rumahan akan memiliki tempat buang air atau kotak kotoran yang biasa disebut litter box. Tapi ketika anjing mengalami kecemasan, besar kemungkinan mereka akan buang air besar atau kecil secara sembarangan di beberapa pojok rumah.
  • Mengeluarkan liur yang tak biasa
    Beberapa anjing mengeluarkan air liur atau ngiler ketika merasa gelisah atau cemas, meski biasanya mereka tak pernah ngiler. Kemunculan air liur ini terjadi karena anjing merasa gugup atau gemetar. Selain mengeluarkan air liur, ruas di antara cakarnya juga bisa berkeringat. Biasanya, air liur atau keringat ini akan berhenti ketika paw friends berhasil membuatnya tenang.
  • Merusak barang
    Perilaku destruktif atau cenderung merusak barang biasanya diderita anjing yang cemas ditinggal pemiliknya. Saat itu terjadi, anjing akan merusak barang-barang di sekitar titik keluar masuk rumah, seperti di pintu atau jendela. Bahkan menurut situs rover.com, beberapa anjing yang mengalami anxiety terus menggaruk-garuk pintu hingga cakarnya patah dan berdarah, hanya karena ia ingin keluar dan bertemu dengan pemiliknya.
  • Bersikap agresif
    Dari semua gejala kecemasan anjing, sikap agresif lah yang paling berbahaya. Tindakan agresif ini terbagi dua jenis: langsung dan tidak langsung. Agresi langsung terjadi ketika anjing bersikap agresif terhadap orang atau anjing yang ada di dekatnya. Sementara agresi tidak langsung, anjing akan bersikap agresif terhadap sesuatu yang ada di antara dia dengan anjing lain. Langsung atau tidak langsung, sikap agresif ini bisa menyakiti dan berbahaya bagi manusia atau anjing.
Agresif, satu gejala anjing sedang cemas.
Agresif, satu gejala anjing sedang cemas. Sumber Foto: Kat Jayne/pexels.com

Mengobati Kecemasan Anjing

Anjing paw friends mungkin pernah menunjukkan sikap cemas. Tapi ada baiknya bila paw friends tidak langsung memvonisnya sebagai anjing dengan anxiety.  Cara terbaik untuk mengetahui kondisi anjing adalah berbicara dengan dokter hewan. Dengan berkonsultasi, paw friends bisa mengetahui apakah anjing memang mengalami kecemasan atau tidak, juga menemukan perawatan dan pengobatan yang tepat untuknya. Misalnya saja:

  • Pelatihan counterconditioning. Pada pelatihan ini, paw friends perlu mengubah respons anjing terhadap rangsangan yang menjadi penyebab kecemasannya. Misalnya mengajarkan anjing untuk duduk tenang dan fokus pada paw friends dan belajar tidak menghiraukan benda yang membuatnya cemas.

  • Pelatihan desensitisasi. Di sini, paw friends perlu memperkenalkan anjing pada sumber kecemasannya. Seperti perlahan mengajak anjing ngobrol tentang payung dan membiarkannya berkenalan lebih dekat. Untuk pembelajaran ini, paw friends perlu sabar dan melakukannya secara berulang, bila perlu meminta bantuan pelatih anjing profesional.
  • Terapi obat antidepresan. Terapi obat ini bisa paw friends berikan ke anjing dengan konsultasi dan petunjuk dokter hewan. Untuk kecemasan yang disebabkan suara badai petir, kembang api, atau bepergian dengan naik mobil, biasanya dokter hewan akan meresepkan obat seperti benzodiazepine dan antidepresan.
  • Anjing tua yang mengalami sindrom disfungsi kognitif dapat mengurangi kecemasannya dengan terapi obat selegilin. Pada fungsi utamanya, selegilin membantu mengurangi gejala CDS. Dengan pengurangan itu, diharapkan anjing bisa lebih tenang.

Apapun perawatan dan pengobatan yang paw friends pilih, penting untuk berkonsultasi dulu dengan dokter hewan, ya.  

Mencegah anjing mengalami kecemasan

Lebih baik mencegah dari pada mengobati, bukan? Nah, sebelum anjing mengalami kecemasan atau anxiety ada beberapa hal yang bisa paw friends lakukan:

  • Mengenal bahasa tubuh anjing. Dari bahasa tubuh anjing, paw friends bisa tahu kapan ia senang, sedih, lapar, atau gelisah. Dengan begitu, paw friends bisa langsung mengantisipasi saat anjing menunjukkan gejala kecemasan, dan dapat mencegahnya melakukan hal buruk.

  • Mengajak anjing bersosialisasi. Mirip dengan manusia, anjing yang memiliki banyak teman akan lebih supel, mudah bergaul, mudah beradaptasi, dan bahagia ketimbang anjing yang terisolasi. Di sini, paw friends bisa mengajak anjing jalan-jalan ke luar rumah, ke taman kota misalnya, dan berkenalan dengan orang baru, anjing dan binatang lainnya, juga tempat dan pengalaman baru. Mengajak anjing liburan juga bisa membuatnya lebih tenang dan terhindar dari rasa cemas.

  • Olahraga dan nutrisi yang cukup. Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi manusia, tapi juga anjing. Selain untuk kesehatan dan membantu program diet, olahraga teratur juga sarana pereda stres pada anjing. Sebab saat olahraga, saraf-saraf yang tegang akan melentur dan membuat anjing lebih santai. Selain itu, anjing bisa menyalurkan energinya yang berlebihan dan hormon serotonin akan terbentuk serta membuat anjing merasa lebih tenang.

Saat anjing rajin berolahraga, paw friends perlu juga memastikan kecukupan nutrisinya. Berikan anjing makanan berimbang tanpa berlebihan, sehingga dia tidak obesitas yang membuatnya malas bergerak atau kelaparan yang mendorongnya jadi agresif.

Anjing perlu rutin olahraga.
Anjing perlu rutin olahraga. Sumber Foto: Murilo Viviani/unsplash.com
  • Pijat relaksasi. paw friends suka dipijat? Nah, begitu juga anjing loh. Pijatan tak hanya menghilangkan pegal-pegal. Untuk anjing, pijatan bisa menenangkan saraf yang tegang. Kalau paw friends mau coba pijat anjing, bisa menerapkan teknik TTouch yang ciptakan Linda Tellington-Jones. Di teknik ini, paw friends perlu meletakkan telapak tangan di badan anjing dan lakukan gerakan melingkar di seluruh permukaan tubuh. TTouch bertujuan untuk mengaktifkan fungsi sel dan membangkitkan kecerdasan anjing. "Hasilnya, anjing akan merasa santai,” kata Linda di situs Mother Nature Network.
  • Musik yang menenangkan anjing. Beberapa pemilik, terkadang meninggalkan anjing mereka di rumah dengan tetap membiarkan radio menyala. Mengapa begitu ya? Ternyata, menurut situs Through Dog’s Ear, musik bisa membuat anjing merasa tenang. “ Alunan musik dapat membantu anjing untuk melewati berbagai situasi seperti rasa cemas karena perpisahan atau cemas karena bepergian dengan mobil,” tulis situs tersebut.

Dengan mengenal kepribadian anjing secara lebih dekat, paw friends pun akan memahaminya, hingga anjing bisa terhindar dari kecemasan atau anxiety.

Profil Penulis
Cornila, ibu dari dua putri dan satu putra, yang juga sibuk sebagai parent dari dua kucing, dua kelinci, dua kura-kura brazil, dua hamster dan satu anaknya, dua ikan cupang, dua ikan mas, dan dua ikan manfish.
scroll to top